Falsafah Sun Tzu dalam Keamanan Jaringan

Falsafah Sun Tzu dalam Keamanan Jaringan
Seorang ahli perang dari jepang bernama Sun Tzu telah berkontribusi besar dalam sebuah teknik peperangan, baik peperangan konvensional (Dunia nyata) maupun peperangan dalam dunia maya seperti komputer. 

Dewasa ini teknologi berkembang begitu deras yang memaksa kita untuk ikut mengupgrade semua yang ada pada memori otak kita. Sebuah sistem yang telah tertanam dalam sebuah jaringan akan beresiko terhadap serangan Hacker. sehingga proses pengamanan dan perlawanan terhadap serangan perlu diterapkan. Sebuah perlawanan akan tersa indah manakala di hadapi dengan kemampuan yang sebanding atau lebih dari kemampuan lawan.
Sun Tzu Mengatakan yang kurang lebih " Kenali musuhmu dan kenali diri sendiri, maka kamu akan menang meskipun dalam seribu pertempuran, dan bersiap siagalah"

Dalam keamanan komputer maka kita perlu memahami dan mengetaui bagaimana Hacker menyerang target, serta mengetahui dan memperbaiki kelemahan system yang kita kelola, sehingga kita bisa menyiapkan lebih awal dan siap menangkal serangan Hacker. Disamping itu kita juga harus selalu siap untuk melawan serangan dari musuh, bukan untuk menunggu serangan Hacker, namun bersiap diri untuk diserang.
Semoga bermanfaat.....

0 komentar:

Post a Comment