ERD (Entity Relationship Diagram)






Mbah Pressman tahun 2002 mendefinisikan ERD/Entity Relationship Diagram sebagai notasi yang digunakan untuk melakukan aktifitas pemodelan data. ERD dapat menggambarkan atau menjelaskan hubungan antar objek data. ERD dibuat untuk mendesain database konseptual, yakni data dirancancang melalui evaluasi subjektif terhadap informasi, yang dikumpulkan selama analisis persyaratan. Simbol yang digunakan dalam merancang ERD tampak seperti pada tabel dibawah ini.

Tabel Simbol Entity Relationship Diagram (ERD).
Gambar simbol
Nama simbol
Keterangan
  



Entitas atau entity
Objek nyata yang dapat didefinisikan








Relasi atau Relation
Hubungan antar entitas







Atribut
Menggambarkan karakteristik entitas








 


Garis penghubung
Penghubung antar entitas






Tiga komponen pokok yang dimiliki ERD, yaitu:

1.      Entitas (entity)
Entitas adalah representasi dari semua objek atau benda yang terkait serta dapat didefinisikan. Beberapa syarat yang harus dimiliki oleh entitas, yaitu:
a.         Unik, dapat dibedakan antara satu entitas dengan entitas lain.
b.         Peran, setiap entitas harus memiliki peran dalam sistem.
c.         Atribut, memiliki atribut yang dapat mendefinisikan entitasnya.

2.      Atribut (attributes)
Atribut merupakan bagian yang harus dimiliki oleh entitas untuk mendeskripsikan karakteristik entitas. Dapat kita ambil satu contoh, entitas mahasiswa memiliki atribut nim, nama, jenis kelamin, fakultas, program studi, dan lain-lain. Atribut yang memiliki nilai unik disebut candidat key, salah satu dari candidat key akan digunakan sebagai primary key. Contoh, candidat key yang dimiliki oleh entitas mahasiswa adalah nim karena tidak ada nim mahasiswa yang sama dalam satu universitas, sehingga nim dapat digunakan sebagai primary key.

3.      Relasi (Relationships)
Relasi adalah kumpulan dari dua entitas atau lebih (Ramakrishnan & Gehrke, 2003: 22). Relasi menggambarkan hubungan satu entitas dengan entitas lain. Contoh, relasi dari entitas mahasiswa dengan matakuliah adalah mengambil, mahasiswa mengambil matakuliah.
Setiap relasi entitas memiliki batasan, atau dikenal dengan istilah Kardinalitas dan Modalitas. Tillman (1993) mendefinisikan kardinalitas sebagai berikut: “Kardinalitas merupakan spesifikasi dari sejumlah peristiwa dari satu objek yang dapat dihubungkan ke sejumlah peristiwa dari objek yang lain” (Pressman, 2002: 358).
 

0 komentar:

Post a Comment